Red Velvet Boston Cheese Cake




Assalamu'alaikum...minggu pagi...udah memasuki liburan ya. Sudah mulai banyak permintaan baking dari anak2 gk? Kemarin pas si kecil Ruqayyah di rumah, tiap hari minta dibikinin kue. Uminya jadi rajin angkat mixer de. Ini buat cheese cake lagi, tapi versi baked ya. Yang unbaked atau baked sama2 enak. Tapi saya lebih suka yang baked. Walaupun jauh lebih rumit cara membuatnya. Perlakuannya sama seperti mengahadapi bayi. Pantes saja kalau dijual harganya mahal ya. Kalau bikin sendir bisa puas. Gimana kalau coba bikin. InsyaAllah tangan amatir bisa, contohnya saya..hihi...tips-tipsnya di postingan selanjutnya ya. Berikut resepnya.

Resep Red Velvet Boston Cheese Cake
Source: 35 resep cheese cake yasa boga yang telah saya modifikasi

Bahan:
Red velvet genoise sponge cake belah jadi dua bagian (resep sudah dishare di postingan chilled cheesecake)
60 gr mentega tawar,potong2
200 ml whip cream
250 gr cream cheese (resep cream cheese versi ekonomis di koment ya)
40 gr tepung terigu
2 sdt tepung maizena
4 btr kuning telur
1 bh lemon, parut kulit dan 1sdt sarinya
4 btr putih telur
1/2 sdt garan
100 gr gula kastor

Topping
2 sdm selai cherry (resep di komen ya)
2 sdm air

Siapkan loyanh spring form, oles mentega dan alasi kertas roti bersemir. Ukur dan rapikan sponge cake ke loyang. Panaskan oven 160 c
Kocok mentega, whip cream dan cream cheese hingga lembut. Tambahkan tepung terigu dan maizena. Masukkan kuning telir, parutan dan air jeruk lemon. Tutup dg cling warp.
Kocok putih telur dan garam hingga berbusa, tambahkan air jeruk dan gula sedikit demi sedikit, mix hingga soft pick. Masukkan adonan putih telur ke campuran cream cheese dalam tiga tahap. Aduk balik dengan spatula.
Tuang adonan di atas loyang berisi cake, panggang dg cara au bain marie dg suhu 150 c selama 75-90 menit tergantung oven masing2 hingga matang. (adonan mengeras namun masih lembut di diameter 5 cm bag tengah.
Masak selai dan air diatas api kecil, oleskan dengan kuas dipermukaan cheese cake. Sajikan hangat atau dingin.


Tips mengeluarkan cheese cake dari loyang dilihat di postingan selanjutnya yaa...yuk bikin man teman.


Baking sama anak-anak itu ada nikmatnya, ada serunya, ada juga geramnya..hihi...tapi baking bareng anak itu melatih kecerdasan mereka juga. Ajari memegang mixer atau mempercantik cake. Mereka pasti suka. Walau berantakan, tapi bahagia.
Nah ada tambahan tips2 buat cheese cake ini.
1. Perhatikan takaran dan petunjuk resep dengan baik, syarat suhu oven, semua bahan harus suhu ruang ya..
2. Cheese cake dipanggang dengan cara au bain marie. Siapkan loyang lebih besar untuk diisi air dan menampung loyang adonan. Bungkus bawah loyang adonan dengan heavy duty aluminium foil supaya air nggak merembes.
3. Cheese cake matang bila adonan mengeras tapi bag tengah masih bergerak2 lembab. Matikan api oven. Biarkan dalam oven hingga oven dongin. Keluarkan dan diamkan di suhu ruang min 2 jam.
4. Untuk mengeluarkan cheese cake, bag pinggir bisa dikikis dg pisau tajam atau lbh baik dipanaskan sisi loyang dengan hair dryer atau handuk panas. Biarkan cake lepas dari loyang perlahan dengan sendirinya.
5. Agar potongan cheese cake rapi, potong dg pisau yang sudah dipanaskan dg cr dicelup di air mendidih dan keringkan dengan lap.
Demikian sebagian bsr tips buat cheese cake ini ya...semoga bermanfaat dan sukses bikin cheese cakenya ya.

#dapurcomelselma
#baked #cheese #cheesecake #yummy

2 comments:

Jalan-Jalan KeNai said...

Sore-sore lihat foto kayak gini. Langsung pengen bikin teh sambil ngemil kue :)

Dapur Comel Selma said...

Yummy ya mba.. Sy jg gtu.. Klo makan cake temennya ya teh anget