Red Velvet Roll Cake dan Lumpia



 

Bismillah

Masih edisi postingan telat. Ini waktu mudik ke bagan batu. Ke rumahnya mertua. Mudiknya sekitar lima hari. Di rumah mertua nggak sempat masak-masak karena kondisi yang nggak memungkinkan. Tapi seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap ke bagan batu selalu belajar masak-masak sama kak sherly di rumahnya.

Dan seperti biasanya juga, kami bertiga aja, sama adik iparku, isbah. Temanya request masing-masing peserta -- >_<. Saya pengen belajar bikin roll cake. Dan isbah pengen maem lumpia, katanya udah kangen. Hehe. Permintaan bumil ya mau nggak mau dilaksanain. Ya kan. Hehe.

Pertama sesi belanja dulu. Belanja beberapa bahan di supermarket. Pertama kalinya ni beli kulit lumpia. Biasanya numpang lewat aja, nggak pernah niat beli. Trus karena isbah nggak suka bau rebung, rebungnya diganti pepaya muda. Baru tau juga ya bisa disubsitusi begitu.

Dimulai deh sesi masak-masaknya. Sedikit ada gangguan dari anak-anak tapi tetap semangat. Cream cheesenya yang gadungan aja. Karena di bagan batu nggak ada jual cream cheese. Walaupun isiannya segini enak. Bolu gulung red velvetnya masih rada gagal. Liat deh tipis aja kan jadinya. Tapi tetap dipotret karena rasanya enak. Walaupun begitu dapat metode menggulung bolu yang benar. Semoga aja next time saya bisa berhasil. Doakan yah.

Membuat lumpia sebenarnya mudah aja kok teman-teman. Mirip-mirip risoles cuma kulitnya lebih tipis. Malah enak bikin dengan kulit jadi begini. Ringkas dan cepat. Alhamdulillah enak lumpianya walau sedikit asin..hihi.

Pas asyik masak-masak, dikejutkan oleh pempek palembang yang disuguhkan oleh tuan rumah. Masya Allah senangnya. Belum pernah makan yang benar-benar dari palembang dan bener aja rasanya memang enak. Ikannya kerasa. Alhamdulillah..jazakillahu khairan kak sherly. Udah diajarin masak, disuguhi pempek yang sedap eh pulangnya ditraktir ikan bakar yang enak banged. Masya Allah. Semoga tahun depan bisa bertemu lagi ya kak. Aamiin.


Resep Red Velvet Roll Cake
Sumber: Femina

Bahan:

1. Gula bubuk, untuk taburan
2. 50 gram mentega tawar, lelehkan

Frosting: 

1. 250 gram cream cheese, lunakkan
2. 100 gram gula bubuk
3. 200 gram keju mascarpone, lunakkan

Bolu 1: 

1. 50 gram gula pasir
2. 4 kuning telur ayam
3. 2 butir telur ayam
4. Pewarna merah untuk makanan

Bolu 2, ayak: 

1. 50 gram tepung terigu serbaguna
2. 2 sdm cokelat bubuk


Cara Membuat:

1. Olesi loyang persegi (30x23x2 cm) dengan mentega. Alasi kertas roti. Sisihkan. 
2. Frosting: Kocok cream cheese dan gula menggunakan mixer hingga lembut. Masukkan mascarpone, kocok rata. Campurkan sedikit pewarna ke ½ bagian adonan, pindahkan ke kantong semprot. Beri spuit bulat kecil. Sisihkan. Sisihkan pula adonan krim keju yang polos. 
3. Bolu 1:  Kocok gula dan semua telur menggunakan mixer hingga pucat dan mengembang. Masukkan bahan Bolu 2 dan mentega secara bergantian sambil diaduk balik menggunakan spatula karet.  Masukkan pewarna, aduk lipat. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan. 
4. Memanggang: Panggang dalam oven panas bersuhu 200° C hingga matang dan berwarna keemasan (± 10 menit). Angkat. 
5. Tangkup bolu ke kertas roti yang sudah ditaburi gula bubuk. Kelupas kertas roti. Gulung bolu menggunakan kertas roti bergula. Diamkan hingga tidak panas. 
6. Buka gulungan bolu. Olesi krim keju. Gulung kembali. Sajikan.(f)


Resep Cream Cheese Gadungan
Sumber: Cake Fever

Bahan:

1. 100 ml susu cair full cream
2. 150 gram cheddar cheese yang diparut halus

Cara Membuat:

1. Susu dicampur dengan keju cheddar yang sudah diparut halus lalu dimasak dengan api kecil sampai keju larut dan adonan mengental. 



Resep Lumpia
Sumber: Kak Sherly

Bahan:

1. 20 kulit lumpia atau spring roll siap pakai
2. 1 ekor ayam, rebus dan suwir
3. 1 tangkai seledri, iris halus
4. 1 tangkai daun bawang, iris halus
5. 1 batang wortel iris korek api
6. 2 genggam pepaya muda yang sudah diiris korek api

Bumbu Halus:

1. 5 siung bawang merah
2. 3 siung bawang putih
3. 3 buah cabe merah


Cara Membuat:

1. Tumis bumbu halus, masukkan wortel lalu seledri, pepaya muda atau rebung. Masak lalu masuk ayam suwir. Tambahkan bumbu lain lalu tiriskan.
2. Sediakan kulit lumpia, isi dengan isian, lalu lipat sesuai selera.

Step Melipat:

1. Bentuk memanjang dan kotak

a. Siapkan kulit lumpia

b. Beri isian secukupnya

c. Gulung

d. Lalu lipat menyerupai amplop

2. Bentuk segitiga

a. Siapkan kulit lumpia

b. Beri isian secukupnya


b. Lipat dari arah kiri dan kanan bawah

c. Lipat keatas hingga membentuk segitiga. Tutup sisi sebelah kiri dan kanan lalu rapikan
InsyaAllah mudah ya. Selamat Mencoba ^_^







No comments: