Nasi Hainan



Bismillah


Sesekali bikin olahan nasi yuk. Tapi pengennya nasi korea atau china.  Abis adikku penasaran dengan ayam rebus korea yang sering muncul di drama korea. Cobalah hari ini bikin nasi hainan ini.  
Eh ternyata rasanya kurang cocok di lidah.  Malah lebih enak "sawaya", ayam rebus khas arab.  Mungkin karena saya yang agak sensitif sama bau ayam.  Makanya cenderung lebih suka yang kaya rempah.


Bicara soal arab jadi keinget madinah lagi.  Sedih rasanya.  Huhu.  Terpaksa meninggalkan madinah mendadak nggak balik karena harus terapi di psikolog buat anakku. Terapinya memang harus dan memaksa kami untuk menetap di indonesia.  Jadilah long distance relationship dengan zauji. Huhuhu pokoknya kalau tiap inget ini menguras air mata.  Alhamdulillah disini banyak kegiatan dan malah sibuk banged.  Jadi sedihnya bisa ditunda dulu deh.  Doakan semoga anakku cepat sembuh ya teman-teman.

Oke deh buat teman-teman yang pengen nyoba buat nasi hainan sendiri di rumah,  berikut resepnya yah.


Resep Nasi Hainan
Sumber: Kim-kim NCC
www.steamykitchen.com

Bahan Kaldu Ayam:

1. 1 ekor ayam kampung yang sedang
2. Garam secukupnya
3. 4 inch jahe yang dipotong-potong 
4. 2 batang daun bawang, dipotong-potong

Bahan Nasi:

1. 1 sdt minyak wijen untuk nasi
2. 2 sdm minyak sayur
3. 3 siung bawang putih yang telah dicincang halus
4. 1 ruas jahe yang telah dicincang halus
5. 2 mangkok beras, dicuci, kemudian direndam selama 10 menit atau lebih
6. 2 mangkok dari air kaldu ayam
7. 1/2 sdt minyak wijen

Bahan Saus:

1. 1 sdt garam
2. 1 sdm air jeruk nipis
3. 2 sdm air kaldu ayam
4. 2 sdt gula
5. 4 sdm saus cabe
6. 4 siung bawang putih
7. 1 ruas jahe
8. Garam secukupnya
9. Daun ketumbar sebagai garnish

Cara Membuat:

1. Bersihkan ayam kampung, setelah itu kasih garam baik diluar dan di dalam, sambil memberi garam saya mengurut ayam supaya lemak yang disekitarnya bersih. Kemudian isi perut ayam dengan potongan jahe dan daun bawang. Siapkan panci dan beri air sampai ayam terendam penuh diatas nya sekitar 1 inch. Masak sampai mendidih, setelah mendidih kecilkan api, rebus ayam sampai empuk kurang lebih 1 jam.
2. Setelah ayam empuk, angkat ayam tersebut dan cemplungkan ke air yang telah diisi es batu. Sambil didinginkan keluarkan jahe dan daun bawang dari perut ayam. Sisihkan.
3. Untuk membuat nasi, tumis jahe dan bawang putih dengan minyak goreng plus minyak wijen sampai harum kemudian masukkan beras yang telah direndam. Tumis beras sampai harum, kemudian masukkan minyak wijen. Masukkan beras tersebut ke rice cooker dan beri kaldu ayam.
4. Sambil menunggu nasi masak, keluarkan ayam dari air dingin, kemudian oleskan minyak wijen dan cincang ayam sesuai yang diinginkan.
5. Untuk membuat saus: Campur semua bahan saus kemudian blender sampai halus.
6. Untuk membuat kuah kaldu, tambahkan garam secukupnya ke air kaldu masak hingga mendidih lagi. Bila perlu kasih merica sebagai tambahan. Sajikan ayam tersebut dengan garnish daun ketumbar, tomat, timun, kaldu dan saus sambal.


Selamat Mencoba ^_^

No comments: