Jongkong Semarang








Bismillah

Jongkong ini banyak macamnya lho teman-teman. Bahkan diantara daerah yang dekat aja seperti di surabaya dan semarang aja jauh bedanya. Kalau jongkong surabaya mirip kue lapis tapi warna hitam dan hijau, kalau hitamnya dari abu merang teman-teman. Saya berencana bikin juga, tapi abu merangnya saya ganti arang bambu aja. Nah kalau yang semarang ini dari singkong parut dan dibungkus daun pisang dengan isian gula merah. Duh enak banged lho jajanan ini teman-teman.

Trus malahan setelah saya search di wikipedia, kue jongkong khas sumatra beda lagi lho. Jongkongnya lebih lembut, mirip bubur sumsum tapi berlapis. Jadi pengen nyoba bikin juga, hoho. Nah buat yang sekarang, saya share resep jongkong semarang ya, saya peroleh dari blog mbak diah didi. Berikut resepnya.




Resep Jongkong Semarang
Sumber: Diah Didi

Bahan:

1. 500 gram singkong parut, diperas airnya , diukur 50 ml dan dibuang
2. 1/2 sdt garam 
3. 50 ml santan dari 1/4 butir kelapa 
4. 50 gram gula merah, disisir
5. Daun pisang untuk membungkus 

Bahan Taburan:

1. 150 gram kelapa parut muda 
2. 1/4 sdt garam 

Cara Membuat:

1. Campur singkong, garam, dan santan. Aduk rata.
2. Ambil daun pisang. Beri sejumput gula merah sisir diatasnya.
3. Tambahkan campuran singkong. Pipihkan. Bungkus seperti kue pisang atau bulat panjang seperti lontong.
4. Kukus 30 menit dengan pengukus yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang. Potong-potong setelah dingin.
5. Taburan: campur kelapa parut dan garam. Aduk rata. Kukus 15 menit diatas api sedang sampai matang.
6. Sajikan jongkong dengan bahan taburan.

Selamat Mencoba ^_^




No comments: