Antara Serabi Solo Notosuman dan Serabi Ubi Kuah Kinca





Bismillah

Antara serabi solo dan serabi kuah kinca. Berbeda, karena serabi solo tanpa kuah dan dengan toping. Serabi bandung hampir mirip dengan serabi solo, tapi lebih kering sedangkan serabi solo lebih tradisional dengan serabi yang tiga perempat matang dengan pinggiran gurih dan tengahnya basah dari areh (santan kental), lebih lemak ya bagian tengahnya dan wangi sekali. Kalau serabi kuah kincanya saya buat seperti serabi bandung yang kering tapi tanpa aneka toping.  Serabi ini pancakenya orang indonesia, mirip-mirip martabak tapi lebih kecil dan tipis. Berlubang-lubang permukaanya. Terbuat dari tepung beras dan santan sebagai pengembangnya. Jangan salah, membuat serabi ini cukup melelahkan. Diawali dengan mengeplok-ngeplok adonan yang harus telaten dan bikin pegel karena bisa sampai dua puluh meitan. Hingga memanggangnya harus pas. Karena saya menggunakan wajan cekung tanah liat, memang jauh lebih rumit dari yang aluminium. Lengket sekali. Memang lebih mudah yang aluminium, tapi nggak dapat efek bakar dipermukaan serabi yang didapat dari wajan tanah liat. Makanya kalau buat serabi, saya malah lebih suka pakai cetakan carabikang atau kue lumpur aja, lebih cepat nggak harus satu-satu memanggangnya. Oh ya apinya harus kecil sekali supaya bawahnya cakep dan nggak gosong. 

Untuk serabi kuah kinca, saya variasikan dengan ubi. Ubi oren dan ungu. Walaupun rasanya nggak jauh beda, warnanya aja yang unik. Cuma heran kok jadi kebiruan ya bukan ungu, padahal adonannya ungu, ehehe.


Resep Serabi Solo Notosuman
Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:

1. 600 ml santan kental
2. 1 sdt garam
3. 1 lembar daun pandan
4. 250 gram tepung beras
5. 1 sdt ragi instan
6. 75 gram gula pasir
7. 1 butir telur

Bahan Areh:

1. 150 ml santan sangat kental
2. 1 sdt garam

Topping pilihan:

Keju, Nangka, Meisis cokelat

Cara Membuat:

1. Masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih, dinginkan.
2. Dalam wadah, campur tepung beras, gula pasir dan ragi instan, aduk rata. Ditengahnya beri telur dan sebagian santan, aduk rata sambil terus dituangi sisa santan hingga habis.
3. Kopyok-kopyok adonan menggunakan balloon whisk hingga terlihat berbuih-buih banyak. Diamkan selama 90 menit.
4. Panaskan wajan serabi, dengan api kecil. Tuangi 1 sendok sayur adonan ditengahnya, lalu gerakkan sendok kebagian pinggir wajan agar terbentuk bibir serabi.
5. Biarkan hingga serabi matang dan terlihat berlubang-lubang sarang. Lalu siram dengan 1 sdm  Areh. Beri topping sesuai selera. Tutup wajan, matangkan serabi. Angkat.


Serabi Ubi Kuah Kinca
Sumber: Diah Didi
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 200 gram tepung terigu protein sedang 
2. 100 gram ubi (oren atau ungu),
3. 1/2 sdt garam
4. 1 butir telur
5. 450 ml santan dari 1/2 butir kelapa
6. 1 1/2 sdt baking powder

Cara Membuat :

1. Rebus santan sambil diaduk sampai mendidih. Ukur 425 ml santan. Biarkan hangat.
2. Campur tepung terigu, labu kuning, garam, dan telur. Aduk rata. Tuang santan sedikit-sedikit sambil dikeplok-keplok dengan tangan selama 20 menit. Diamkan 30 menit.
3. Tambahkan baking powder. Aduk rata.
4. Panaskan cetakan serabi..kalau aku sich pakai snack maker double pan..hihi. Olesi sedikit minyak tipis-tipid pakai kuas.Tuang adonan di cetakan yang sudah panas. Biarkan mengembang. Kecilkan api. Tutup dan biarkan sampai matang.

Selamat Mencoba ^_^



No comments: