Asam Pedas Udang




Bismillah

Sebuah resep yang diturunkan hingga ke cucu pastilah memiliki nilai tersendiri. Biasanya resep yang diturunkan itu sudah terbukti enak dan disukai seluruh anggota keluarga. Resep andalan begitulah kiranya kita menyebutnya.

Asam pedas ini salah satu resep yang diturunkan dari keluarga pihak ayah. Diturunkan ke menantu perempuannya, umi (panggilan saya buat ibu). Dan kini diturunkan pula ke saya.


Nenek menurunkan resep asam pedas "tanak" dengan takaran sesuka hati atau kiralogi. Kalau resep orang zaman dulu ya begitu. Masukkan garam secubit ya, kunyit seruas... cabe segenggam, cukup rumit deh. Jadi terkadang sulit dimengerti dan mesti belajar beberapa kali dan dengan metode "tatap muka". Berbeda kalau resepnya pakai takaran baku seperti sekarang, insyaAllah tinggal catet dan langsung praktek deh. Nah resep asam pedas tanak tadi dimodifikasi lagi sama umi... ditambah variasi lagi yaitu asam pedas tumis, yang bumbunya ditumis dulu. Saya lebih menyukai resep yang ini. Aromanya lebih wangi.



Asam pedas ini identik dengan makanan laut. Bisa asam pedas ikan, cumi, kepiting dan udang. Hampir sama saja pengolahannya. Resepnya juga terbilang mudah. Ciri khas asam pedas terletak pada kuahnya yang merah (biasanya memakai cabe kering) dan pemakaian asam yang dimasukkan terakhir sekali. Asam disini wajib ya. Bisa asam jawa, asam keping dan asam belimbing. Paling enak dan segar yaitu asam belimbing. Sayang di madinah tidak ada, jadi memakai asam keping yang saya bawa dari indonesia. :)




Resep Asam Pedas Udang
Sumber: Dapur Umi

Bahan:

1. 200 gram udang
2. 6 siung bawang merah
3. 6 siung bawang putih
4. 2 ruas jari jahe dan lengkuas
5. 1 ruas jari kunyit
6. 1 batang sereh
7. 2 lembar daun salam
8. 2 lembar daun jeruk
9. 10 buah cabe kering atau cabe merah
10. 250 ml air
11. Garam secukupnya
12. Minyak untuk menumis
13. 2 lembar asam keping(bisa diganti asam jawa, atau asam belimbing)

Cara Membuat:

1. Tumis irisan 3 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih hingga harum.
2. Masukkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe dan cabe kering.
3. Masukkan sereh dan lengkuas yang dimemarkan, aduk-aduk.
4. Masukkan udang, tumis udang hingga matang. Masukkan daun salam dan daun jeruk.
5. Tambahkan air dan bubuhkan garam. Masukkan asam keping.
6. Masak hingga mendidih.
7. Sajikan hangat di mangkuk saji.

Selamat Mencoba ^_^






With Love







post signature

No comments: