Lemper Ketan isi Ayam




Bismillah

Zauji sore kemarin masak bubur kacang ijo. Eh rasa-rasa ada yang kurang gitu. Yup, kurang ketan kukusnya. Saya suka banged makan burjo sama ketan kukus, enakkk. Pas merendam ketan buat dikukus, baru nyadar kalau kebanyakan merendam ketannya, hihihi. Daripada sayang, padahal burjonya nggak begitu banyakm puter otak dapat ide bikin lemper aja. Belum pernah bikin lemper sendiri. Terkendala ma daun pisang jadi nggak buat-buat deh. Kalau bicara soal lemper, langsung inget adikku dina, ini sih kue kesukaannya. Kalau saya lebih suka ketan unti. Karena menurutku kok lebih cocok sama yang manis-manis. Selain itu suka kurang enak aja lemper yang dijual-jual. Eh pas buat lemper ini, hasilnya malah enak. Resepnya jadi recomended. Lempernya wangi daun jeruk dan salam, ayamnya juga enak. Suka deh. Daun pisangnya saya ganti aluminium foil aja. Saya panggang sebentar setelah dibungkus supaya lebih enak dan wangi. Lumayan banyak dapatnya, padahal gede-gede. Sisanya saya simpen dalam magicom. Sarapan pagi sama lemper anget enak banged deh.




Resep Lemper Ketan isi Ayam
Sumber: Momilicious

Bahan:

1. 300 gram beras ketan, rendam selama 2-3 jam
2. 200 ml santan 
3. 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek
4. 4 lembar daun salam
5. 2 lembar daun pandan, ikatkan
6. 1/2 sdt garam

Isian ayam:

1. 250 gram dada ayam fillet, rebus, suwir-suwir halus
2. 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
3. 2 lembar daun salam
4. 100 ml santan
5. 1/2 sdt asam, cairkan dengan 3 sdm air
6. 1/3 sdt garam
7. 2 1/2 sdm gula
8. 3 siung bawang putih
9. 4 siung bawang merah
10. 1/2 sdt ketumbar, sangrai
11. 3 butir kemiri, sangrai
12. 1/2 sdt jintan, sangrai
13. 2 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat:

1. Kukus beras ketan selama 15 menit. 
2. Sambil menunggu beras dikukus, kita siapkan air santannya. Rebus santan dengan dengan daun salam, daun jeruk, dan daun salam, juga tambahkan garam. 
3. Apabila sudah mendidih, masukan ketan yang sudah dikukus tadi, masak hingga santan terserap semua. Matikan api lalu kukus lagi hingga matang.
4. Haluskan bawang, jintan, kemiri dan  ketumbar, kemudian tumis hingga harum. Masukan daun salam dan daun jeruk, tambahkan santan dan air asam. Masak hingga mendidih, masukan ayam, gula dan garam, masak hingga santan menyusut. Cicipi, paskan rasanya, angkat.
5. Ambil sekepal nasi ketan, beri isian kemudian bentuk pipih atau bulat, bungkus dengan daun pisang. 
6. Kalau mau yang lebih simple, ambil setengah bagian nasi ketan kemudian ratakan di atas loyang yang dioles sedikit minyak. Tambahkan ayam di atasnya, ratakan. Terakhir, masukan sisa nasi ketan, ratakan, agak ditekan sedikit, rapihkan sisi-sisinya. Balikan di atas piring, kemudian potong-potong, sajikan.

Selamat Mencoba ^_^



With Love








post signature

No comments: